Pembangunan Jamarat Mina Tinggal 50 Persen


MEKAH--Pembangunan jamarat di Mina sejak tiga tahun lalu akan rampung keseluruhannya pada musim haji tahun 2009 ini. Menurut harian Al-Riyadh edisi Kamis (18/6) kemarin, kini sudah 50% selesai pembangunan tahap ketiga jamarat. Diperkirakan sebelum musim haji Desember mendatang, seluruh lantai jamarat sudah bisa dioperasikan.

Musim haji tahun lalu, baru tiga lantai jamarat yang bisa dipergunakan. Tahun ini, dengan selesainya pembangunan jamarat, maka empat latai jamarat akan bisa dimanfaatkan. Dengan demikian, pemerintah Arab Saudi tak mengalami kesulitan lagi mengatur jemaah haji, hingga 4 juta jemaah sekalipun dengan selesainya pembangunan ini.

Dari empat tingkat ini tersedia 11 pintu masuk menuju jamarat dan 12 pintu keluar. Pada setiap tangga tersedia eskalator menuju lantai yang diharapkan. Di setiap sudut tersedia kamera monitor yang langsung bisa diketahui Posko Keamanan haji di lantai bawah. Bahkan, tersedia helipad untuk mengevakuasi jemaah yang mengalami masalah.

Dengan selesainya fasilitas jamarat ini, maka tinggal prasarana jalan menuju jamarat yang akan selesai keseluruhannya pada musim haji tahun 2010 mendatang.mch/taq

http://www.republika.co.id/berita/57306/Pembangunan_Jamarat_Mina_Tinggal_50_Persen

No comments:

Post a Comment