Shahih Al-Ma’tsurat

1. TA’AWWUDZ :

حَدِيْثُ النَّبِي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ يَقُوْلُ قَبْلَ الْقِرَاءَةِ أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ1

Hadits bahwa Nabi SAW biasanya sebelum qira’ah membaca:

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

مَنْ قَالَ حِينَ يُصْبِحُ أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيم حَتَّى يُمْسِي ِ2

“Barangsiapa membaca di pagi hari: أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيم أُجِيْرَ مِنَ الشَّيْطَانِ حَتَّى يُمْسِي maka ia akan dilindungi ALLAAH dari Syetan sampai sore hari.”

كَانَ يَتََعَوَّذُ يَقُوْلُ : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيم أو أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيم3

“Adalah Nabi SAW jika membaca ta’awwudz dengan bacaan:

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيم

atau

أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيم

مَنْ قَالَ حِينَ يُصْبِحُ أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ وَثَلاَثَ آيَاتٍ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْحَشْرِ وَكَّلَ اللَّهُ بِهِ سَبْعِينَ أَلْفَ مَلَكٍ يُصَلُّونَ عَلَيْهِ حَتَّى يُمْسِىَ ، وَإِنْ قَالَهَا مَسَاءً فَمِثْلُ ذَلِكَ حَتَّى يُصْبِحَ4

“Barangsiapa membaca di pagi hari: أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيم dan 3 ayat di akhir surah Al-Hasyr maka ALLAAH SWT menugaskan 70.000 malaikat yang mendoakannya sampai sore, jika ia membacanya sore hari akan diberikan hal yang sama sampai pagi hari”

مَنْ قَالَ حِينَ يُصْبِحُ أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنْ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ وَثَلَاثَ آيَاتٍ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْحَشْرِ وَكَّلَ اللَّهُ بِهِ سَبْعِينَ أَلْفَ مَلَكٍ يُصَلُّونَ عَلَيْهِ حَتَّى يُمْسِيَ وَإِنْ قَالَهَا مَسَاءً فَمِثْلُ ذَلِكَ حَتَّى يُصْبِح ، وَإِنْ مَاتَ فِي ذَلِكَ الْيَوْمِ مَاتَ شَهِيْدًا ، وَمَنْ قَالَهَا : حِيْنَ يُمْسِي كَانَ بِتِلْكَ الْمَنْزِلَة ِ5

“Barangsiapa membaca saat pagi hari 3x: أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنْ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِlalu ia membaca 3 ayat terakhir QS Al-Hasyr maka ALLAAH SWT menugaskan 70.000 malaikat yang mendoakannya sampai sore hari, dan jika ia mati di hari tsb maka ia mati syahid, dan barangsiapa yang membacanya di sore hari maka ia mendapat pahala yang demikian pula.”

[1] Mukhtashar Irwa’ Al-Ghalil, I/69 hadits no. 342

[2] HR Ibnu Sunni, no. 48 dari Daud bin Salik dari Yazid dari Anas RA; tidak ada yg menganggapnya tsiqah kecuali Ibnu Hibban, dan di dalam At-Taqrib dikatakan: Dia maqbul (yaitu dalam mutaba’ah)

[3] HR Ibnu Abi Syaibah, I/92 hadits no.1 dengan sanad shahih, semua rijal-nya tsiqah dan merupakan rijal Syaikhan, seandainya Ibnu Juraij tidak mudallis, namun dlm lafzh hadits ini ia benar2 menggunakan ‘an’anah.

[4] HR Tirmidzi, II/151; Ad-Darami, II/458; Ahmad, V/26; Ibnu Sunni dlm Amalul Yaum wal Laylah, no. 78; semuanya dari jalan Khalid bin Thahman, berkata Tirmidzi: Hadits ini Gharib aku tidak mengetahuinya kecuali dari bentuk ini. Berkata Ibnu Ma’in: Khalid ini dha’if, karena 10 th sebelum wafatnya ingatannya tercampur, adapun sebelumnya ia tsiqah. Berkata Adz Dzahabi: Tirmidzi tidak pernah meng-hasan-kannya. Ana men-takhrij hadits ini dan hadits berikutnya bukan untuk ber-hujjah dengannya, namun hanya untuk memperkuat hadits yg sebelumnya.

[5] HR As-Suyuthi dan di-dha’if-kan oleh Albani dlm Dha’if Al-Irwa’ no. 342; juga dlm Ta’liq At-Targhib, II/225; dan dlm Dha’iful Jami’ hadits no.5732

2. MEMBACA AL-FATIHAH :

بَاب فَضْلِ فَاتِحَةِ الْكِتَابِ

Dlm shahih Al-Bukhari terdapat bab khusus dengan judul: “Keutamaan Surah Al-Fatihah” [1]

بَاب فَضْلِ الْفَاتِحَةِ وَخَوَاتِيمِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ وَالْحَثِّ عَلَى قِرَاءَةِ الْآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ الْبَقَرَةِ

Dalam shahih Muslim terdapat bab khusus berjudul: “Keutamaan surat Al-Fatihah dan Akhir Surah Al-Baqarah dan Anjuran Membaca 2 Ayat Terakhir surat Al-Baqarah” [2]

قَالَ أَلَا أُعَلِّمُكَ أَعْظَمَ سُورَةٍ فِي الْقُرْآنِ قَبْلَ أَنْ تَخْرُجَ مِنْ الْمَسْجِدِ فَأَخَذَ بِيَدِي فَلَمَّا أَرَدْنَا أَنْ نَخْرُجَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ قُلْتَ لَأُعَلِّمَنَّكَ أَعْظَمَ سُورَةٍ مِنْ الْقُرْآنِ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ هِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي وَالْقُرْآنُ الْعَظِيمُ الَّذِي أُوتِيتُهُ

“Bersabda Nabi SAW kepada Abu Sa’id bin Mu’alli RA: maukah kamu aku ajarkan surah yg paling agung di dlm Al-Qur’an sebelum engkau keluar dari masjid? Maka beliau SAW memegang tanganku, sehingga ketika kami akan keluar dari masjid aku berkata: Wahai RasuluLLAAH, engkau telah berkata akan memberitahu saya, surah yg paling agung dari Al-Qur’an? Jawab beliau SAW: الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ia adalah 7 ayat yg diulang2 dan Al-Qur’an yg agung yg diturunkan.” [3]

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : قَسَمْتُ الصَّلاةَ -يَعْنِي الْفَاتِحَةُ- بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي نِصْفَيْنِ فَنِصْفُهَا لِي وَنِصْفُهَا لِعَبْدِي ، وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم : يَقُولُ الْعَبْدُ (الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ) يَقُولُ اللَّهُ : حَمِدَنِي عَبْدِي يَقُولُ الْعَبْدُ (الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ) يَقُولُ اللَّهُ : أَثْنَى عَلَيَّ عَبْدِي يَقُولُ الْعَبْدُ : (إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ) فَهَذِهِ الآيَةُ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ يَقُولُ الْعَبْدُ : (اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ ، وَلا الضَّالِّينَ) فَهَؤُلاءِ لِعَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَل

ALLAAH SWT berfirman (dlm hadits Qudsiy): “AKU membagi shalat –maksudnya Al-Fathihah- untuk-KU dan untuk hamba-KU ke dalam 2 bagian dan bagi hamba-KU apa yg ia minta. Maka bersabda Nabi SAW: Berkata hamba (الحمد لله رب العالمين) maka ALLAAH SWT berfirman: hamba-KU telah memuji-KU. Lalu berkata hamba: (الرحمن الرحيم) maka ALLAAH SWT berfirman: hamba-KU telah memuja-KU. Lalu berkata hamba: (مالك يوم الدين) maka ALLAAH SWT berfirman: hamba-KU telah memuliakan-KU. Lalu berkata hamba: (إياك نعبد وإياك نستعين) maka ALLAAH SWT berfirman: Inilah antara AKU dan hamba-KU dan bagi hamba-KU apa yg ia pinta. Maka berkata hamba: (اهدنا الصراط المستقيم صراط الذين أنعمت عليهم غير المغضوب عليهم ولا الضالين) maka ALLAAH SWT berfirman: Itu semua untuk hamba-KU dan bagi hamba-KU apa yg ia minta.” [4]

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قَالَ أَحَدُكُمْ آمِينَ وَقَالَتْ الْمَلَائِكَةُ فِي السَّمَاءِ آمِينَ فَوَافَقَتْ إِحْدَاهُمَا الْأُخْرَى غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِه

Bersabda Nabi SAW: “Jika salah seorang diantara kalian berkata: Aamiin, maka berkatalah para Malaikat di langit: Aamiin, dan bersamaan antara keduanya, maka diampunilah dosanya yang telah lalu.” [5]

[1] HR Bukhari, Kitab Kutamaan Al-Qur’an, Bab Keutamaan Al-Fatihah, XV/409

[2] HR Muslim, Kitab Shalat Musafir dan Qasharnya, Bab Keutamaan Al-Fatihah, Akhir Al-Baqarah dan 2 Ayat Terakhir Al-Baqarah, IV/233

[3] HR Bukhari, bab Keutamaan Al-Qur’an, XV/410 hadits no.4622

[4] HR Muslim, bab Wajibnya Membaca Fatihah di Tiap Raka’at, II/352 hadits no. 598; Shahih Ibnu Majah no. 838 oleh Albani; juga diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, I/143; dan At-Thahawi, I/127

[5] HR Bukhari, bab Keutamaan Membaca Amin, III/246 hadits no. 739; dan Muslim, bab At-Tasmi, wat-Tahmid wat-Ta’min, II/380 hadits no.619

3. MEMBACA AYAT KURSY:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ وَكَّلَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِحِفْظِ زَكَاةِ رَمَضَانَ فَأَتَانِي آتٍ فَجَعَلَ يَحْثُو مِنْ الطَّعَامِ فَأَخَذْتُهُ فَقُلْتُ لَأَرْفَعَنَّكَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَصَّ الْحَدِيثَ فَقَالَ إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِيِّ لَنْ يَزَالَ مَعَكَ مِنْ اللَّهِ حَافِظٌ وَلَا يَقْرَبُكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَدَقَكَ وَهُوَ كَذُوبٌ ذَاكَ شَيْطَانٌ

“Dari Abu Hurairah RA berkata: Nabi SAW menugaskanku untuk menjaga zakat Ramadhan, maka datang ‘sesuatu’ padaku yg mencuri makanan, maka aku tarik dia dan kukatakan: Akan kulaporkan kamu pada Nabi SAW, maka makhluq itu berkata: Kalau kamu mau tidur bacalah ayat Kursiy, maka engkau akan selalu ada yg menjaga dari sisi ALLAAH, dan tidak akan ada Syaithan yg bisa mengganggumu sampai pagi. Maka (kuceritakan pada Nabi SAW lalu) Nabi SAW bersabda: Dia sudah berbicara benar padamu, padahal ia adalah pembohong besar, dia itu Syaithan.” [1]

اسْمُ اللهِ الأَعْظَمِ فِي سَُوَرٍ مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثٌ : فِي { الْبَقَرَةِ } وَ { آلِ عِمْرَانَ } وَ { طَهَ } . ( حَسَنٌ ) . قَالَ الْقَاسِمُ أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ : فَالْتَمَسْتُ فِي { الْبَقَرَةِ } فَإِذَا هُوَ فِي آيَةِ الْكُرْسِي : { اللهُ لاَ إلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ } وَفِي { آلِ عِمْرَانَ } فَاتِحَتُهَا : { اللهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الحَيُّ الْقَيُّوْمُ } وَفِي { طَهَ } : { وَعَنَتِ الْوُجُوْهِ لِلْحَيِّ الْقَيُّوْمِ } 2

“Nama-nama ALLAH yang paling agung dalam surah-surah Al-Qur’an ada 3: Di surah Al-Baqarah, Ali Imran dan Thaha. Maka berkata Al-Qasim abu AbduRRAHMAN: Maka kucari dalam surat Al-Baqarah, maka kudapatkan ia pada ayat Kursy ( اللهُ لاَ إلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْم), dan pada Ali Imran yaitu pada awalnya ( اللهُ لاَ إلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْم), dan pada Thaha, yaitu (وَعَنَتِ الْوُجُوْهِ لِلْحَيِّ الْقَيُّوْم).”
قَالَ هَذِهِ الآَيَةُ الَّتِي فِي سُوْرَةِ الْبَقَرَةِ اللهُ لاَ إلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْم (الْبَقَرَةُ 552) مَنْ قَالَهَا حِيْنَ يُمْسِي أُجِيْرَ مِنْهَا حَتَّى يَصْبَحَ وَمَنْ قَالَهَا حِيْنَ يُصْبِحُ أُجِيْرَ مِنْهَا حَتَّى يُمْسِي فَلَمَّا أَصْبَحَ أَتَى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ فَقَالَ صَدَقَ الْخَبِيْثُ . رَوَاهُ النَّسَائِي وَالطَّبْرَانِي بِإِسْنَادٍ جَيِّدٍ وَاللَّفْظُ لَهُ

“Ayat ini di surah Al-Baqarah, 552 (اللهُ لاَ إلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْم), barangsiapa yang membacanya di petang hari maka ia akan diberi pahala sampai paginya, dan barangsiapa membacanya di pagi hari maka akan diberi pahala sampai sorenya. Saat pagi hari, tibalah Nabi SAW maka diceritakan kisah ini kepada beliau SAW, maka
jawab beliau SAW: Si Jahat itu, telah berkata benar padamu.” [3]

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- : لِكُلِّ شَىْءٍ سَنَامٌ وَإِنَّ سَنَامَ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ وَفِيهَا آيَةٌ هِىَ سَيِّدَةُ آىِ الْقُرْآنِ هِىَ آيَةُ الْكُرْسِىِّ رَوَاهُ التِّرْمِذِي عَنْ حَكِيْمِ بْنِ جُبَيْرِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَقَالَ حَدِيْثٌ غَرِيْبٌ

”Dan dari Abu Hurairah RA berkata, bersabda Nabi SAW, segala sesuatu memiliki ujung/puncaknya, maka puncak dari Al-Qur’an adalah surah Al-Baqarah, yang didalamnya ada 1 ayat, yang merupakan tuan bagi seluruh Al-Qur’an.” [4]

[1] HR Bukhari, Kitab Fadha’ilul Qur’an, XV/413 hadits no. 4624
[2] HR Abu Daud no. 1341, dengan sanad shahih (lih. Juga Al-Fath, XI/225)
[3] Di-shahih-kan oleh Albani dlm Shahih At-Targhib, I/161 no. 662
[4] Di-shahih-kan oleh Albani dlm Shahih At-Targhib, II/87

4. MEMBACA AKHIR SURAT AL-BAQARAH :


بَاب فَضْلِ الْفَاتِحَةِ وَخَوَاتِيمِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ وَالْحَثِّ عَلَى قِرَاءَةِ الْآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ الْبَقَرَةِ

Dalam Shahih Muslim terdapat bab berjudul: Keutamaan surah Al-Fatihah, akhir surah Al-Baqarah dan anjuran Membaca 2 Ayat Terakhir surah Al-Baqarah. [1]

فَأُعْطِيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثًا أُعْطِيَ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ وَأُعْطِيَ خَوَاتِيمَ سُورَةِ الْبَقَرَةِ وَغُفِرَ لِمَنْ لَمْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ مِنْ أُمَّتِهِ شَيْئًا

“Maka Nabi SAW diberikan 3 hadiah: Shalat 5 waktu, akhir surah Al-Baqarah, dan ampunan bagi yang tidak berbuat syirik kepada ALLAAH sedikitpun dari umatnya.” [2]

بَيْنَمَا جِبْرِيلُ قَاعِدٌ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَمِعَ نَقِيضًا مِنْ فَوْقِهِ فَرَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ هَذَا بَابٌ مِنْ السَّمَاءِ فُتِحَ الْيَوْمَ لَمْ يُفْتَحْ قَطُّ إِلَّا الْيَوْمَ فَنَزَلَ مِنْهُ مَلَكٌ فَقَالَ هَذَا مَلَكٌ نَزَلَ إِلَى الْأَرْضِ لَمْ يَنْزِلْ قَطُّ إِلَّا الْيَوْمَ فَسَلَّمَ وَقَالَ أَبْشِرْ بِنُورَيْنِ أُوتِيتَهُمَا لَمْ يُؤْتَهُمَا نَبِيٌّ قَبْلَكَ فَاتِحَةُ الْكِتَابِ وَخَوَاتِيمُ سُورَةِ الْبَقَرَةِ لَنْ تَقْرَأَ بِحَرْفٍ مِنْهُمَا إِلَّا أُعْطِيتَهُ

“Ketika Jibril duduk disisi Nabi SAW, terdengarlah suara dari atas mereka, maka (Jibril-pun) mengangkat kepalanya, dan berkata: Ini adalah sebuah pintu di langit yang baru dibuka pada hari ini dan belum pernah dibukakan kecuali pada hari ini. Maka turunlah seorang malaikat, maka (Jibril-pun) berkata lagi: Ini adalah Malaikat yang diturunkan ke bumi, yang belum pernah sekalipun diturunkan kecuali pada hari ini, maka (malaikat tersebut) mengucapkan salam, lalu berkata: Bergembiralah (wahai Muhammad) dengan 2 cahaya yang diberikan kepadamu, yang belum pernah diberikan kepada seorang nabipun sebelummu, yaitu surah Al-Fatihah dan akhir dari surah Al-Baqarah, tak seorangpun yang membacanya, kecuali setiap hurufnya akan diberikan padanya (cahayanya).” [3]

مَنْ قَرَأَ بِالْآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

“Barangsiapa yang membaca 2 ayat terakhir surah Al-Baqarah di malam harinya, maka akan mencukupinya”. [5]

[1] HR Muslim, Kitab Shalat Musafir dan Qasharnya, Bab Keutamaan Al-Fatihah, Akhir Al-Baqarah dan 2 Ayat Terakhir surat Al-Baqarah, IV/233
[2] HR Muslim, Penyebutan Sidratil Muntaha, I/405, hadits no. 252
[3] HR Muslim, IV/234 hadits no. 1339
[4] HR Bukhari, bab Keutamaan surat Al-Baqarah, XV/413 hadits no. 4624
[5] Sebagian menafsirkan makna mencukupi: untuk melindunginya dari keburukan di malam tersebut, sebagian lagi mengartikannya: Mencukupi dari Qiyamu Layl.

5. MEMBACA SURAH AL-IKHLASH


عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَقْرَأَ فِي لَيْلَةٍ ثُلُثَ الْقُرْآنِ قَالُوا وَكَيْفَ يَقْرَأْ ثُلُثَ الْقُرْآنِ قَالَ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ تَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ

“Dari Nabi SAW bersabda: Apakah kalian semua tidak sanggup untuk membaca dalam tiap malam 1/3 dari Al-Qur’an..?! Maka mereka menjawab: Bagaimana caranya orang bisa membaca 1/3 dari Al-Qur’an (dlm tiap malam)..?! Maka jawab Nabi SAW: (قَالَ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ) itu setara dengan 1/3 dari Al-Qur’an.” [1]

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ احْشُدُوا فَإِنِّي سَأَقْرَأُ عَلَيْكُمْ ثُلُثَ الْقُرْآنِ فَحَشَدَ مَنْ حَشَدَ ثُمَّ خَرَجَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَرَأَ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ثُمَّ دَخَلَ فَقَالَ بَعْضُنَا لِبَعْضٍ إِنِّي أُرَى هَذَا خَبَرٌ جَاءَهُ مِنْ السَّمَاءِ فَذَاكَ الَّذِي أَدْخَلَهُ ثُمَّ خَرَجَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ إِنِّي قُلْتُ لَكُمْ سَأَقْرَأُ عَلَيْكُمْ ثُلُثَ الْقُرْآنِ أَلَا إِنَّهَا تَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ

Bersabda Nabi SAW: Bersiap2 lah..! Karena sesungguhnya aku akan membacakan atas kalian 1/3 dari Al-Qur’an, lalu keluarlah Nabi SAW dan beliau SAW membaca (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ), lalu beliau SAW masuk, maka berkatalah sebagian kami pada sebagian yg lain: Sesungguhnya aku berpendapat ada kabar yg datang dari langit, sehingga membuat beliau SAW masuk! Tiba2 beliau SAW keluar, lalu bersabda: Sesungguhnya aku berkata pada kalian akan membacakan 1/3 dari Al-Qur’an, ketahuilah bahwa ia (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ) setara dengan 1/3 dari Al-Qur’an

قل هو الله أحد تعدل ثلث القرآن و قل يا أيها الكافرون تعدل ربع القرآن وكان يقرؤهما في ركعتي الفجر

Bersabda Nabi SAW: (قل هو الله أحد) setara dengan 1/3 Al-Qur’an, sedangkan (قل يا أيها الكافرون) setara 1/4 dari Al-Qur’an, dan adalah beliau SAW membaca kedua surah tsb dalam 2 raka’at sunnah Fajar.” [3]

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم . . . . . . . . . . . . . . و قل هو الله أحد تعدل ثلث القرآن و قل يا أيها الكافرون تعدل ربع القرآن
“Bersabda Nabi SAW: ….. dan (و قل هو الله أحد) setara 1/3 Al-Qur’an dan (قل يا أيها الكافرون) setara 1/4 Al-Qur’an.” [4]
______________________________________
[1]. HR Muslim, IV/241, hadits no. 1344
[2]. HR Muslim, IV/242, hadits no. 1345
[3]. Berkata Albani dlm Shahih At-Targhib wat Tarhib, (I/141, hadits no. 583): Shahih Lighairihi, diriwayatkan oleh Abu Ya’la dengan sanad hasan, juga At-Thabrani dlm Al-Kabir dan ini adalah lafzh-nya. Berkata Albani
[4]. HR Al-Hakim, dia berkata: Sanad-nya shahih, berkata Albani dlm Shahih At-Targhib wat Tarhib, (II/92): Hasan Lighairihi, sanad-nya muttashil dengan para perawi yg tsiqah dan masyhur. Lih. Juga komentarnya di kitabnya yg lain, Shahih wa Dha’if Sunan At-Tirmidzi, VI/394, hadits no. 2894; juga dlm Shahih wa Dha’if Al-Jami’us Shaghir, XVII/2, hadits no. 7855

6. MEMBACA AL-MU’AWWIDZATAN:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا اشْتَكَى يَقْرَأُ عَلَى نَفْسِهِ بِالْمُعَوِّذَاتِ وَيَنْفُثُ فَلَمَّا اشْتَدَّ وَجَعُهُ كُنْتُ أَقْرَأُ عَلَيْهِ وَأَمْسَحُ بِيَدِهِ رَجَاءَ بَرَكَتِهَا

“Dari Aisyah RA berkata: bahwa jika Nabi SAW merasa tidak enak/sakit maka beliau membacakan surah 2 perlindungan (Al-Falaq dan An-Nas) dan meniupkannya untuk diri beliau, dan jika beliau sakitnya parah maka aku yang membacakannya untuk beliau tapi aku usapkan menggunakan tangan beliau karena mengharapkan barakah dari kedua tangan beliau tersebut.” [1]

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ وَ قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ وَ قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ

“Dari Aisyah RA sesungguhnya Nabi SAW jika berada di atas tempat tidurnya, setiap malam beliau mengumpulkan kedua tangannya, lalu meniup pada keduanya, lalu membaca pada keduanya (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ) dan (قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ) dan (قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ) lalu beliau mengusap dengan kedua tangannya apa yang bisa dijangkau dari tubuhnya, beliau memulai dari kepalanya, lalu wajahnya, lalu apa yg mampu dicapai dari badannya, beliau melakukan yang demikian itu sebanyak 3x.” [2]

عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَال قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَلَمْ تَرَ آيَاتٍ أُنْزِلَتْ اللَّيْلَةَ لَمْ يُرَ مِثْلُهُنَّ قَطُّ قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ

Dari ‘Uqbah bin Amir berkata: Bersabda Nabi SAW: “Tidakkah kalian tahu ada beberapa ayat yang diturunkan semalam, yg tidak pernah ada yang menyamainya sedikitpun..? Yaitu “qul ‘audzu birabbil falaq” dan “Qul ‘audzu birabbinnas” [3]

وقال عبد الله بن خبيب : خَرَجْنَا فِي لَيْلَةِ مَطَرٍ وَ ظُلْمَةٍ شَدِيْدَةٍ نَطْلُبُ النَّبِيَّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهَ وَسَلَّمَ لِيُصَلِّي لَنَا فَأَدْرَكْنَاهُ فَقَالَ : ” قُلْ ” فَلَمْ أَقُلْ شَيْئًا ثُمَّ قَالَ : ” قُلْ ” فَلَمْ أَقُلْ شَيْئًا قَالَ : ” قُلْ ” قُلْتُ : يَا رَسُوْلَ اللهِ مَا أَقُوْلُ ؟ قَالَ : قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدُ وَ الْمُعَوِّذَتَيْنِ حِيْنَ تُمْسِي وَ حِيْنَ تُصْبِحُ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ يَكْفِيْكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ

Berkata AbduLLAAH Ibnu Khubaib RA: Kami keluar pada suatu malam yang hujan lebat dan gelap gulita luar biasa untuk meminta Nabi SAW untuk mendoakan kami, maka kami menemui beliau SAW, lalu langsung beliau SAW bersabda: Katakanlah..! Maka kami tidak satupun yang berkata apa-apa, maka kata beliau lagi: Katakanlah..! Maka kami masih tidak satupun yang berkata apa-apa, maka kata beliau lagi: Katakanlah..! Maka aku berkata: Apa yang harus kukatakan..? Maka beliau bersabda: (: قل هو الله أحد) dan surah 2 perlindungan. Bacalah itu setiap sore dan tiap pagi 3x, akan mencukupimu dari segala masalah.” [4]

اقرءوا المعوذات في دبر كل صلاة

“Bacalah surah 2 perlindungan pada tiap ba’da shalat.” [5]

كَانَ رَجُلٌ [ مِنَ الْيَهُوْدِ ] يَدْخُلُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، [ وَكَانَ يَأْمَنُهُ ] فَعَقَدَ لَهُ عُقَدًا فَوَضَعَهُ فِي بِئْرِ رَجُلٍ مِنَ الأَنْصَارِ، [ فَاشْتَكَى لِذَلِكَ أَيَّامًا ، (وَفِي حَدِيْثِ عَائِشَةَ : سِتَةَ أَشْهُرٍ ) ] فَأَتَاهُ مَلَكَانِ يَعُودَانِهِ ، فَقَعَدَ أَحَدُهُمَا عِنْدَ رَأْسِهِ وَالآخَرُ عِنْدَ رِجْلَيْهِ ، فَقَالَ أَحَدُهُمَا : أَتَدْرِي مَا وَجَعُهُ ؟ قَالَ : فُلانٌ الَّذِي [ كَانَ ] يَدْخُلُ عَلَيْهِ عَقَدَ لَهُ عُقَدًا فَأَلْقَاهُ فِي بِئْرِ فُلانٍ الأَنْصَارِيِّ ، فَلَوْ أُرْسِلَ [ إِلَيْهِ ] رَجُلٌ ، وَأَخَذَ [ مِنْهُ ] الْعُقَدَ لَوَجَدَ الْمَاءَ قَدِ اصْفَرَّ، [ فَأَتَاهُ جِبْرِيْلُ فَنَزَلَ عَلَيْهِ بِـ ( الْمُعَوِّذَتَيْنِ ) ، وَ قَالَ : إِنَّ رَجُلاً مِنَ الْيَهُوْدِ سَحَرَكَ ، وَ السِّحْرُ فِي بِئْرِ فُلاَنٍ ، قَالَ : ] قَالَ : فَبَعَثَ رَجُلا ( وَ فِي طَرِيْقٍ أُخْرَى : فَبَعَثَ عَلِيًّا رَضِي اللهُ عَنْهُ ) [ فَوَجَدَ الْمَاءَ قَدْ اصْفَرَ ] فَأَخَذَ الْعُقَدَ [ فَجَاءَ بِهَا ] ، [ فَأَمَرَهُ أَنْ يَحُلَّ الْعُقَدَ وَ يَقْرَأُ آيَةً ] ، فَحَلَّهَا [ فَجَعَلَ يَقْرَأُ وَ يَحُلَّ ] ، [ فَجَعَلَ كُلَّمَا حَلَّ عُقَدَةً وَجَدَ لِذَلِكَ خِفَّةً ] فَبَرَأَ ، ( وَ فِي الطَّرِيْقِ الأُخْرَى : فَقَامَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَأَنَّمَا نَشَطَ مِنْ عِقَالٍ ) وَكَانَ الرَّجُلُ بَعْدَ ذَلِكَ يَدْخُلُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمْ يَذْكُرْ لَهُ شَيْئًا مِنْهُ وَلَمْ يُعَاتِبْهُ عَلَيْهِ السَّلامُ [ قَطُّ حَتَّى مَاتَ ] “.

“Ada seorang laki-laki Yahudi masuk ke tempat Nabi SAW –ia sudah dipercaya oleh Nabi SAW– lalu ia tiba-tiba membuat sebuah buhul (simpul ikatan) lalu ia membenamkannya ke dalam sumur milik seorang Anshar, maka Nabi SAW menjadi sakit selama beberapa hari (dalam riwayat Aisyah RA: selama 6 bulan), maka turunlah 2 orang malaikat menjenguk beliau, yang seorang duduk di dekat kepala beliau yang satunya duduk di dekat kedua kaki beliau, maka berkata salah satu malaikat : Tahukah kamu apa penyakitnya? Dijawab yang kedua: Karena si Fulan, yang pernah membuatkan satu buhul baginya, dan melemparkannya ke dalam sumur milik si Fulan, seorang Anshar. Maka seandainya ia (maksudnya Nabi SAW) mengutus seseorang untuk mencari buhul tersebut, maka ia akan menemukan sumur tersebut airnya telah berwarna kuning. Maka saat itu turunlah Jibril AS pada nabi SAW dengan membawa surah 2 perlindungan (Mu’awwidzatan: Al-Falaq dan An-Nas) lalu Jibril berkata: Seorang Yahudi telah menyihirmu (wahai Muhammad), dan (benda) sihir tsb diletakkan di sumur si Fulan. Maka Nabi SAW pun mengutus seseorang (dalam riwayat yang lain dikatakan: yang diutus adalah Ali RA), maka ia menemukan sumur tersebut airnya telah berwarna kuning, maka dicarilah buhul tersebut, lalu ditemukan. Maka Nabi SAW memerintahkan untuk membukanya sambil membaca surah (2 perlindungan), maka beliau SAW membaca ayat sambil membuka tiap buhul, dan tiap terbuka 1 ikatan dari buhul itu nabi SAW merasa badannya menjadi lebih segar (dalam riwayat lainnya dikatakan saat semua buhul tersebut terbuka maka Nabi SAW langsung berdiri seolah-olah beliau baru lepas dari ikatan). Dan orang yang telah melakukan sihir tersebut tetap masuk ke rumah beliau seperti biasa, dan Nabi SAW tidak pernah berbicara sepatah katapun soal perbuatan orang itu kepadanya, dan tidak pula beliau menghukumnya sedikitpun sampai orang itu meninggal.” [6]
———————————————————————-
[1]. HR Bukhari, XV/422, bab Keutamaan Mu’awwidzatain, hadits no. 4629
[2]. HR Bukhari, XV/423, bab Keutamaan Mu’awwidzatain, hadits no. 4630
[3]. HR Muslim, IV/246, bab Keutamaan membaca Mu’awwidzatain, hadits no. 1348
[4]. Al-Kalimut Thayyib, Ibni Taimiyyah dan di-shahih-kan oleh Al-albani (lih. Tahqiq-nya atas hadits tsb, juz I/68, hadits no.19)
[5]. HR Nasa’i, I/196; Ibni Khuzaimah, no. 755; Abu Daud, no. 1523; Ibni Hibban, no. 2347; Ahmad, IV/159; di-shahih-kan oleh Al-albani (lih. Ash-Shahihah, II/144, hadits no. 645)
[6]. HR At-Thabrani dalam Al-Kabir, V/210, hadits no. 5011; Al-Hakim, IV/360-361; HR Ibnu Sa’d, dlm At-Thabaqat, II/199; An-Nasa’i, II/172; Ibnu Abi Syaibah, dlm Al-Mushannaf, VIII/29-30, hadits no. 3569; Ahmad, III/67; berkata Al-Hafizh Al-Iraqi dlm Takhrij Al-Ihya’ (II/336): Shahih sesuai syarat Muslim. Dan disepakati oleh Al-albani (Ash-Shahihah, II/260 hadits no. 2761)

7. Membaca Do’a-do’a Yang Shahih


كَانَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَمْسَى قَالَ أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى الْمُلْكُ لِلَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ قَالَ أُرَاهُ قَالَ فِيهِنَّ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْكَسَلِ وَسُوءِ الْكِبَرِ رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ وَإِذَا أَصْبَحَ قَالَ ذَلِكَ أَيْضًا أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ

Adalah nabi SAW jika waktu sore hari berdoa: “Kami bersore hari di dalam kerajaan ALLAAH, segala puji bagi ALLAAH, tiada Ilah selain ALLAAH..” Berkata perawi: Aku merasa setelahnya beliau SAW melanjutkan dengan berdoa: “Bagi-NYA kerajaan dan bagi-NYA puji dan DIA adalah Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Ya RABB aku memohon apa-apa yang baik yang ada pada malam ini dan apa yang ada setelahnya, dan aku berlindung kepada-MU apa-apa yang buruk yang ada pada malam ini dan apa yang ada setelahnya, ya RABB aku berlindung kepada-MU dari kemalasan dan keburukan sifat sombong, RABB aku berlindung kepada-MU dari azab yang ada di neraka, dan dari azab yang ada di kubur.” Dan jika tiba waktu pagi maka beliau SAW berdoa seperti itu dengan kata2 : “Kami berpagi hari di dalam kerajaan ALLAAH…” [1]

أَصْبَحْنَا عَلىَ فِطْرَةِ الإِسْلاَمِ وَكَلِمَةِ الإِخْلاَصِ وَدِيْنِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ وَمِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا (مُسْلِمَا) وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

Nabi SAW berdoa : “Kami berpagi hari di dalam fithrah Al-Islam, kalimah Al-Ikhlas dan agama Nabi kami Muhammad SAW, dan millah nenek-moyang kami Ibrahim yang lurus (boleh ditambah dengan: …dan muslim), dan ia (Ibrahim) bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik.”

مَنْ قَالَ : رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَ بِالإِسْلاَمٍ دِيْنًا وَ بِمُحَمَّدٍ رَسُوْلاً وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةَ. وَفِي رِوَايَةٍ : ، فَأَنَا الزَّعِيْمُ لآخُذَنَّ بِيَدِهِ حَتَّى أَدْخُلَهً الْجَنَّةَ

Bersabda Nabi SAW : “Barangsiapa yg berkata: Aku ridha terhadap ALLAAH sebagai RABB-ku, terhadap Al-Islam sebagai dien-ku dan terhadap Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul.. Maka wajib atasnya Syurga. [3] Dalam riwayat yang lain: Maka aku sebagai jaminan yang akan menuntun tangannya sampai memasukkannya ke dalam Syurga” [4]

عَنْ جُوَيْرِيَةَ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ مِنْ عِنْدِهَا بُكْرَةً حِينَ صَلَّى الصُّبْحَ وَهِيَ فِي مَسْجِدِهَا ثُمَّ رَجَعَ بَعْدَ أَنْ أَضْحَى وَهِيَ جَالِسَةٌ فَقَالَ مَا زِلْتِ عَلَى الْحَالِ
الَّتِي فَارَقْتُكِ عَلَيْهَا قَالَتْ نَعَمْ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَقَدْ قُلْتُ بَعْدَكِ أَرْبَعَ كَلِمَاتٍ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ لَوْ وُزِنَتْ بِمَا قُلْتِ مُنْذُ الْيَوْمِ لَوَزَنَتْهُنَّ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ عَدَدَ خَلْقِهِ وَرِضَا نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ

Dari Juwairiyyah RA berkata : Sesungguhnya Nabi SAW pergi dari sisinya pada suatu pagi saat tiba waktu shalat Shubuh, saat Juwairiyyah berada di tempat shalatnya, lalu beliau SAW kembali setelah tiba waktu Dhuha dan Juwairiyyah masih duduk di tempatnya. Maka Nabi SAW bertanya : “Apakah kamu masih disana,
melakukan urusanmu dari sejak aku tinggalkan kamu tadi..?” Maka ia menjawab : Benar. Maka bersabda Nabi SAW : “Sungguh aku telah berkata setelah meninggalkanmu tadi hanya 4 kalimat saja, diulang 3x, tetapi seandainya ia ditimbang dengan apa yang engkau baca sejak tadi sampai sekarang ini niscaya ia
mampu menyamainya, yaitu (bacaan): Maha Suci ALLAAH dengan memuji-NYA, sebanyak makhluk-NYA, seridho diri-NYA, seberat ‘Arsy-NYA, dan sepanjang kalimah-NYA.” [5]

مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُوْلُ فِي صَبَاحِ كُلِّ يَوْمٍ وَ مَسَاءٍ كُلَّ لَيْلَةٍ : بِسْمِ اللهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ فَلاَ يَضُرُّهُ شَيْءٌ

Bersabda Nabi SAW : “Tidaklah ada seorang hamba yang membaca pada pagi hari dan sore hari setiap hari doa ini : Dengan nama ALLAAH yang bersama nama-NYA tidak bisa memadharatkan sesuatu apapun di bumi dan di langit, dan DIA Maha Mendengar dan maha Mengetahui. Dibaca 3x tidak bisa memadharatkannya sesuatu apapun.” [6]

يَا أَيُّهُا النَّاسُ اتَّقُوْا هَذَا الشِّرْكَ فَإِنَّه أَخْفَى مِنْ دَبِيْبِ النَّمْلِ . فَقَالَ لَهُ مَنْ شَاءَ اللهُ أَنْ يَقُوْلَ وَكَيْفَ نَتَّقِيْهِ وَهُوَ أَخْفَى مِنْ دَبِيْبِ النَّمْلِ يَا رَسُوْلَ اللهِ قَالَ: قُوْلُوا: اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ أَنْ نُشْرِكَ بِكَ شَيْئًا نَعْلَمُهُ وَنَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لَا نَعْلَمُهُ

Bersabda nabi SAW : “Wahai sekalian manusia, takutlah kalian dari syirik ini karena ia lebih halus dari langkah semut.” Maka berkatalah salah seorang yang dikehendaki ALLAAH : Wahai RasuluLLAAH, bagaimana kami bisa selamat darinya sedangkan ia lebih halus dari langkah semut..? Maka jawab Nabi SAW : Ucapkan oleh kalian : “Ya ALLAAH sesungguhnya kami berlindung kepada-MU dari menyekutukan-MU sedikitpun yang kami ketahui dan kami memohon ampun atas berbuat syirik yang tidak kami ketahui.” [7]

خَوْلَةَ بِنْتَ حَكِيمٍ السُّلَمِيَّةَ تَقُولُ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ نَزَلَ مَنْزِلًا ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ
حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ

Khaulah binti Hakim As-Sulamiyyah berkata: Aku mendengar nabi SAW bersabda : “Barangsiapa yg datang ke suatu tempat lalu berdoa : Aku berlindung dg kalimah ALLAAH yg Maha Sempurna dari kejahatan makhluq-NYA.” Maka tidak akan memadharatkannya sesuatu apapun sampai ia pindah dari tempat itu. [8]

فَكُنْتُ أَخْدُمُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا نَزَلَ فَكُنْتُ أَسْمَعُهُ كَثِيرًا يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ
الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Aku membantu Nabi SAW jika ia pergi ke suatu tempat, maka aku mendengar beliau SAW banyak membaca : “Aku berlindung kepada-MU dari kesulitan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari kekikiran dan pengecut, dan dari lilitan hutang dan paksaan orang.” [9]

[1]. HR Muslim, XIII/253, hadits no. 4901
[2]. HR Nasa’i, dlm Amalul Yaumi wal Laylah, (I/133); juga kitab yg sama tulisan Ibnu Sunni (XII/32); Ad-Darami, II/292; At-Thabrani dlm Ad-Du’a, II/926; Ahmad, III/407; Ibnu Abi Syaibah, dlm Al-Mushannaf, IX/71; di-shahih-kan oleh Albani dlm Ash-Shahihah, VI/488 hadits no. 2989
[3]. HR Abu Daud, hadits no. 1529; di-shahih-kan oleh Albani dlm Ash-Shahihah, I/589
[4]. HR Al-Mundziri, dlm At-Targhib, I/229; Al-Haitsami dlm Al-Majma’, X/116; di-shahih-kan oleh Albani dlm ash-Shahihah, VI/421
[5]. HR Muslim, XIII/258, hadits no. 4905
[6]. HR Ibnu Majah, hadits no. 3869; Turmudzi, hadits no. 3388; Abu Daud, hadits no. 5088; di-shahih-kan oleh Albani di beberapa kitabnya, spt dlm Takhrij Al-Mukhtarah, no. 291-292, At-Ta’liiq Ar-Raghiib, I/226-227
[7]. HR Ahmad, XL/98 hadits no. 18.781; Ibnu Abi Syaibah, VII/88; di-shahih-kan oleh Albani dlm Shahih At-Targhib wat Tarhib, I/9 hadits no. 36
[8]. HR Muslim, XIII/231, hadits no. 4881; juga di beberapa tempat di kitabnya
[9]. HR Bukhari, X/21, hadits no. 2679

8. Membaca Do’a-do’a yang Shahih (Bagian-II)

عبد الرحمن بن أبي بكرة أنه قال لأبيه : يا أبة إني أسمعك تدعو كل غداة : ” اللهم عافني في بدني اللهم عافني في سمعي اللهم عافني في بصري لا إله إلا أنت ” تعيدها ثلاثا حين تصبح وثلاثا حين تمسي ؟ فقال : إني سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يدعو بهن فأنا أحب أن أستن بسنته وتقول : ” اللهم إني أعوذ بك من الكفر والفقر اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر لا إله إلا أنت ” تعيدها ثلاثا حين تصبح وثلاثا حين تمسي فتدعو بهن فأحب أن أستن بسنته وفي رواية : أعوذ بالله من عذاب القبر

AbduRRAHMAN bin Abi Bakrah berkata kepada ayahnya: Wahai ayah, aku mendengar anda berdo’a setiap pagi: Ya ALLAAH sehatkanlah fisikku, Ya ALLAAH sehatkanlah pendengaranku, Ya ALLAAH sehatkanlah penglihatanku, Tiada Ilah selain ENGKAU. Lalu engkau ulangi itu 3x di pagi hari dan 3x di sore hari. Maka jawab ayahnya: “Sungguh aku mendengar nabi SAW berdoa dengan doa tersebut, maka aku cinta untuk berpegang kepada sunnah beliau SAW, lalu beliau SAW berdoa: “Ya ALLAAH sungguh aku berlindung kepada-MU dari kekufuran dan kefakiran, ya ALLAAH aku berlindung kepada-MU dari azab qubur, tiada Ilah selain ENGKAU.” Diulangi 3x di pagi hari dan 3x di sore hari, maka aku cinta untuk berpegang kepada sunnah beliau SAW. [1] Dalam riwayat lain dikatakan: “Aku berlindung kepada ALLAAH dari azab kubur.” [2]

حَدَّثَنِي شَدَّادُ بْنُ أَوْسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ :عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَيِّدُ الِاسْتِغْفَارِ أَنْ تَقُولَ اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا
عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ قَالَ وَمَنْ قَالَهَا مِنْالنَّهَارِ مُوقِنًا بِهَا فَمَاتَ مِنْ يَوْمِهِ قَبْلَ أَنْ يُمْسِيَ فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ وَمَنْ قَالَهَا مِنْ اللَّيْلِ وَهُوَ مُوقِنٌ بِهَا فَمَاتَ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ

Telah menceritakan kepadaku Syaddad bin Aus semoga ALLAAH meridhoinya: Dari Nabi SAW bahwa tuannya doa istighfar (maksudnya doa istighfar yg paling sempurna –pen) adalah kamu mengucapkan: Ya ALLAAH ENGKAU-lah RABB-ku tiada Ilah selain ENGKAU, ENGKAU telah menciptakan aku dan aku adalah hamba-MU, dan aku memegang dalam janji-MU dan prasetia-MU sekuat tenagaku, maka aku berlindung kepada-Mu dari keburukan diriku, aku mengakui pada-MU atas nikmat-MU padaku dan aku mengakui
pada-MU atas dosa-dosaku, maka ampunilah aku karena sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa selain ENGKAU. Maka barangsiapa yang berdoa dengannya di waktu siang dengan sepenuh keyakinannya lalu ia mati di hari itu sebelum sore maka ia termasuk penduduk Syurga, dan barangsiapa yang berdoa dengannya di waktu malam dengan sepenuh keyakinannya lalu ia mati di hari itu sebelum pagi maka ia
termasuk penduduk Syurga”. [3]

عن ابن مسعود رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ” من قال : أستغفر الله الذي لا إله إلا هو الحي القيوم وأتوب إليه غفرت ذنوبه وإن كان قد فر من الزحف “

Dari Ibnu Mas’ud RA berkata: Bersabda Nabi SAW: “Barangsiapa berdoa: Aku mohon ampun kepada ALLAAH yang tiada Ilah selain DIA, yang Maha Hidup lagi terus-menerus mengurus makhluq-NYA dan aku bertobat kepada-NYA. Maka diampuni dosa-dosanya walaupun ia pernah lari dari medan pertempuran.” [4]

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم قولوا اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد والسلام كما قد علمتم. وفي رواية : عن أبي مسعود الأنصاري قال : أتانا رسول الله صلى الله عليه وسلم في مجلس سعد بن عبادة فقال بشير بن سعد أمرنا الله أن نصلي عليك يا رسول الله فكيف نصلي عليك قال فسكت رسول الله صلى الله عليه وسلم حتى تمنينا أنه لم يسأله ثم قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( قولوا : اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على آل إبراهيم وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على آل إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد والسلام كما علمتم )

Bersabda Nabi SAW: Ucapkan oleh kalian semua: Ya ALLAAH berikanlah shalawat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana ENGKAU memberikan shalawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, dan berikanlah barakah kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana ENGKAU memberikan barakah kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, di seluruh alam ini hanya ENGKAU lah yang Maha Terpuji lagi Maha Terhormat, sedangkan ucapan salam adalah seperti yang telah
kalian ketahui.[4] Dalam riwayat yang lain: Dari Abu Mas’ud Al-Anshary berkata: Nabi SAW datang kepada kami di majlis Sa’ad bin Ubadah, maka berkatalah Basyir bin Sa’d: ALLAAH telah memerintahkan kepada kita untuk ber-shalawat kepada anda wahai RasuluLLAAH, maka bagaimana caranya kami ber-shalawat kepada anda..? Maka Nabi SAW diam sampai kami berharap seandainya ia tidak bertanya demikian, lalu tiba-tiba beliau menjawab: Ucapkan oleh kalian semua: Ya ALLAAH berikanlah shalawat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana ENGKAU memberikanshalawat kepada keluarga Ibrahim, dan berikanlah barakah kepada Muhammad dankepada keluarga Muhammad, sebagaimana ENGKAU memberikan barakah kepada keluarga Ibrahim, di seluruh alam ini hanya ENGKAU lah yang Maha Terpuji lagi MahaTerhormat, sedangkan ucapan salam adalah seperti yg telah kalian ketahui [6].

” لقيت إبراهيم ليلة أسري بي ، فقال : يا محمد أقرئ أمتك مني السلام و أخبرهم : أن الجنة طيبة التربة عذبة الماء و أنها قيعان ، غراسها سبحان الله و الحمد لله ولا إله إلا الله و الله أكبر ” وفي رواية : ما أثقلهن في الميزان : سبحان الله و الحمد لله و لا إله إلا الله و الله أكبر و الولد الصالح يتوفى للمرء المسلم فيحتسبه “وفي رواية : ” من قال : سبحان الله و الحمد لله و لا إله إلا الله و الله أكبر غرس الله بكل واحدة منهن شجرة في الجنة

Sabda Nabi SAW: Aku bertemu dg nabi Ibrahim di malam aku di-Isra’-kan dan ia berkata: Wahai Muhammad sampaikan kepada ummatmu salam dari-Ku dan sampaikan kepada mereka: Sesungguhnya Syurga itu tanahnya amat bersih dan berkilauan dan airnya amat sangat segar diminum, dan amat sangat indah (pemandangannya), rumput-rumputnya adalah kalimat Maha Suci ALLAAH dan segala puji bagi ALLAAH dan Tiada Ilah selain ALLAAH dan ALLAAH Maha Besar, dan anak-anak kecil yang meninggal dari seorang muslim namun ia mampu bersabar. [7] Dlm riwayat yang lain dikatakan: Barangsiapa yang mengucapkan: Maha Suci ALLAAH dan segala puji bagi ALLAAH dan Tiada Ilah selain ALLAAH dan ALLAAH Maha Besar, maka ALLAAH SWT menciptakan dari tiap kalimat yg diucapkannya itu sebuah pohon yang bermacam-macam di Syurga untuknya. [8]

مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ عَشْرَ مِرَارٍ كَانَ كَمَنْ أَعْتَقَ أَرْبَعَةَ أَنْفُسٍ مِنْ وَلَدِ إِسْمَعِيلَ

Barangsiapa yang mengucapkan: Tiada Ilah selain ALLAAH yang Esa tiada sekutu bagi-NYA, bagi-NYA kerajaan dan bagi-NYA puji dan DIA Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Diulang 10x maka sebanding pahalanya dengan memerdekakan 4 orang dari keturunan Nabi Ismail”. [9]

من قال : سبحان الله و بحمده سبحانك اللهم و بحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك و أتوب إليك ، فقالها في مجلس ذكر كانت كالطابع يطبع عليه و من قالها في مجلس لغو كانت كفارة له

Barangsiapa berkata: Maha Suci ALLAAH dg memuji-NYA, maha Suci ENGKAU ya ALLAAH
dengan memuji-MU, aku bersaksi tiada Ilah selain ENGKAU, aku mohon ampun kepada-MU dan aku bertobat kepada-MU. Lalu ia membacanya di majlis dzikir maka ia bagaikan stempel yang menutup/ menyempurnakan dzikir-dzikir tersebut, dan barangsiapa yang mengucapkannya di majlis senda gurau maka ia menjadi penebus/ kafarat bagi dosanya”. [10]

Ikhwah wa akhwat fiLLAAH,
Demikianlah doa Al-Ma’tsurat karangan Al-Imam Al-Mujaddid Hasan Al-Banna rahimahuLLAAH telah kami takhrij dan sekaligus tahqiq hadits-haditsnya menurut yang hal-hal yang telah disepakati oleh para muhaddits, selain dari yang telah aku tuliskan disini kami dapati ada beberapa masalah dlm hadits-haditsnya, baik yang dha’if, munkar ataupun maudhu’ menurut sebagian ulama, sehingga akmi tidak mencantumkannya, demi menjaga kaidah: Keluar dari pertengkaran adalah lebih utama (خروج من الخلاف
أفضل)..
Adapun jika yang ingin membaca do’a-do’a yang lain (baik dari do’a Al-Ma’tsurat yang tidak dicantumkan disini maupun ditambah dangan doa-lain-lainnya) maka sepanjang tidak diniatkan sebagai hadits Nabi SAW maka diperbolehkan, karena para ulama salaf-pun telah berdoa dengan berbagai doa yang lain, yang telah mereka buat dan susun sendiri, dan semua doa mereka itu telah dicantumkan dan dapat dibaca pada
muqaddimmah maupun khawatim kitab-kitab mereka..

Maka selesailah kitab ini dengan idzin ALLAAH Ta’ala.. Dan kami tutup tulisan ini dengan doa dua orang hamba yang amat shalih dalam Al-Qur’an: “Ya ALLAAH terimalah pekerjaan kami ini, sesungguhnya ENGKAU Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui…”[11]

[1] HR Abu Daud, dalam Al-Adab, hadits no. 5090; Nasa’i, dlm Amalul Yaumi wal Laylah, XXII/572; Ibnu Sunni, hadits no. 67; Ahmad, V/42; di-hasan-kan oleh Albani dalam Tamamul Minah, I/232
[2] Zhilalul Jannah, II/119 hadits no. 119 no. 872
[3] HR Bukhari, XIX/363, hadits no. 5831
[4] HR Al-Hakim, I/692, hadits no. 1884 dan ia berkata : Shahih sesuai syarat Syaikhan, dan disepakati oleh Albani di beberapa tempat dlm tulisannya, seperti dalam Shahih At-Targhib wat Tarhib, II/125 no. 1622; Shahih wa Dha’if Sunan Abi Daud, IV/17 no. 1517; Shahih wa Dha’if Sunan At-Tirmidzi, VIII/77 no. 3577; dan dalam Tahqiq Riyadhus Shalihin, I/639 no. 1883 ia berkata: Hadits ini dikeluarkan oleh Al-Hakim dengan sanad yang kuat, adapun yang dikeluarkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi dari jalan Zaid maula Nabi SAW dlm sanad-nya ada orang yang tak dikenal, tetapi sebagai syahid maka tidak mengapa dan hadits ini memiliki beberapa penguat yang lainnya.
[5] HR At-Turmudzi, hadits no. 3220 dan di-shahih-kan oleh Albani dlm beberapa kitabnya, yaitu dalam Shahih wa Dha’if Sunan At-Turmudzi, VII/220 no. 3450; dalam Shahih wa Dha’if Sunan An-Nasa’i, III/429; dan dalam Shahih Sunan Abi Daud, no. 901
[6] HR Ibnu Mas’ud dalam Fadhlus Shalah ‘alan Nabiyy SAW, Al-Juhdhiy Al-Malikiy, I/59 hadits no. 63, dg tahqiq Albani dan di-shahih-kannya [47]. Dalam 2 riwayat hadits di atas, sengaja ana mencantumkan shalawat yang menggunakan lafzh: “di seluruh alam ini” (في العالمين) untuk menunjukkan bahwa tambahan ini adalah shahih, berbeda dangan sebagian orang yang menuduh bahwa tambahan yang demikian dha’if, waLLAAHul musta’an
[7] HR At-Turmudzi, II/258 dan di-shahih-kan Albani dlm Ash-Shahihah, I/165
[8] HR Ibnu Hibban, hadits no. 2328; Al-Hakim, I/511; dan di-shahih-kan Albani dalam Ash-Shahihah, III/202
[9] HR At-Thabrani dalam Al-Ausath, II/235 dan di-shahih-kan Albani dalam Ash-Shahihah, VI/890; dan tentang penyebutan 100x di-shahih-kannya dalam Shahih At-Targhib wat Tarhib, I/160 no. 658
[10] HR Muslim, XIII/203, hadits no. 4859
[11] HR At-Thabrani, I/79 hadits no. 2; Hakim, I/537 dia berkata : Shahih sesuai syarat Muslim, dan diperkuat oleh Al-Mundziri, II/236 dia berkata : Rijal-nya adalah Rijal hadits shahih. Disepakati pula oleh Al-Haitsami, X/142-423 dan juga oleh Albani, dlm Ash-Shahihah, I/120

http://www.al-ikhwan.net/shahih-al-matsurat-583/

No comments:

Post a Comment